The Next Generation Traffic Network

Selasa, 23 April 2013

Pusat Gempa Sichuan Sarat Warisan Dunia UNESCO


Taman Nasional Jiuzhaigou, China (Foto: dailymail)
Taman Nasional Jiuzhaigou, China (Foto: dailymail)

SICHUAN - Beberapa waktu lalu, gempa berkekuatan besar mengguncang Provinsi Sichuan, China. Berbagai destinasi wisata favorit di China, mulai sungai indah hingga penangkaran panda, ada di wilayah ini.


Provinsi Sichuan berada di sebelah barat daya China, dengan Ibu Kota Chengdu. Provinsi ini kaya situs-situs bersejarah Warisan Dunia UNESCO, seperti Dazu Rock Carvings, Huanglong, Bukit Jiuzhaigou, Gunung Emei, Gunung Qincheng, dan Penangkaran panda Sichuan.


Bukit Jiuzhaigou berada di kawasan Taman Nasional Jiuzhaigou. Di area seluas 280 mil persegi itu terdapat lembah berundak-undak dengan pancaran warna hijau-kuning keemasan pada air jernihnya yang menyegarkan mata. Lembah berundak-undak ini juga disebut Cermin Sang Dewioleh masyarakat setempat.


Jangan lupa juga mampir ke Kota Leshan, dimana terdapat Gunung Emei yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Di gunung ini terdapat patung Budha terbesar di dunia, setinggi 71 meter dan berada di tebing.


Hebatnya, pembuatannya jauh dari peralatan modern. Patung digambarkan sebagai seorang Budha Maitreya yang sedang duduk dengan tangan bertumpu di lutut. Bahu sang Budha berukuran lebar 28 meter, bahkan kukunya yang terkecil sangat cukup untuk dijadikan tempat duduk.


Panda, hewan khas China, juga dapat dilihat di Sichuan. Provinsi ini memiliki Penangkaran Panda Sichuan, yang menjadi rumah bagi 30 persen spesies panda dari seluruh dunia. Penangkaran ini merupakan tempat paling ideal untuk melindungi panda yang mulai langka, dengan lingkungan sesuai dengan habitat asli hewan lucu ini.

0 komentar:

Posting Komentar