The Next Generation Traffic Network

Kamis, 09 Mei 2013

Ferguson Pensiun, Saham MU Anjlok


Ferguson Pensiun, Saham MU Anjlok
David Beckham dan Sir Alex Ferguson

Pensiunnya Sir Alex Ferguson sebagai manajer pada akhir musim ini membuat saham Manchester United anjlok empat persen pada pembukaan perdagangan saham di bursa Wall Street AS, Rabu (8/5/13). Dikutip dari AFP, pada menit-menit perdagangan dibuka, saham Iblis Merah yang masuk indeks Nasdaq, jatuh 4,1 persen dari USD 18,77 menjadi USD 17,88.


Seperti diketahui, juara Liga Premier itu mengumumkan pensiunnya sang manajer Ferguson. Pria berumur 71 tahun yang akrab disapa Fergie ini telah berhasil membawa MU 13 kali menjuarai Liga Inggris dan dua piala Champions dalam 26 tahun masa kariernya. Setelah pensiun, Fergie akan menjadi direktur dan duta MU.


MU yang dimiliki oleh investor asal AS Malcolm Glazer, belum mengumumkan siapa nama pengganti Fergie. Namun spekulasi yang beredar, manajer klub Everton David Moyes akan menjadi penggantinya.


Meski begitu, saat ini saham MU tetap diperdagangkan di atas harga perdananya yaitu USD 14 per lembar. Para investor saat ini lebih khawatir soal cara klub ini menyelesaikan utang-utangnya. Namun kekhawatiran ini terkikis setelah pada tiga bulan pertama di 2013 MU berhasil meraup laba yang kinclong.


"Ini meningkatkan risiko berinvestasi di Manchester United. Ini seperti ketika Apple kehilangan Steve Jobs. Ferguson merupakan kunci eksekutif yang menjadi motor bisnis," ujar pakar bisnis olahraga Emmanuel Hembert.


Kesuksesan tim United, merek, dan manajemen menjadi kunci di belakang performa harga saham perusahaan yang impresif. Namun, ketidakjelasan kini menggantung di bursa saham mengenai siapa yang akan menggantikan posisi Ferguson. (Vin)



0 komentar:

Posting Komentar